Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 2 No 1 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang

Atmaningsih Atmaningsih (SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model Discovery Learning  pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang dalam meningkatkan hasil belajar, mendeskripsikan tingkat hasil belajar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang setelah pelaksanaan model Discovery Learning, apa saja perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang dalam pelaksanaan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action reward) dengan desain Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus 1 pertemuan. Tahapan pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang yang berjumlah 30 orang. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Dari data kualitatif berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, sedangkan data kuantitaif beurupa nilai hasil belajar siswa jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang setelah pelaksanaan model Discovery Learning adalah sebagai berikut : (1) perolehan nilai rerata pada kondisi Prasiklus adalah 67,33 dengan persentase ketuntasan belajar 30 %, dan ketuntasan klasikal belum tercapai, (2) perolehan nilai rerata pada Siklus I adalah 77,83 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60 %, dan ketuntasan klasikal belum tercapai, dan (3) perolehan nilai rerata pada Siklus II adalah 84,67 dengan persentase ketuntasan 86,66 %, dan ketuntasan klasikal sudah tercapai. Data tersebut menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Secang setelah dilaksanakan model pembelajaran Discovery adalah   84,67 – 67,33 = 17,37. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dalam materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...