Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kawali. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat sehingga membuat siswa kurang bersemangat dalam belajarnya. Selain itu juga, siswa kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar berlangsung, akibatnya siswa sering tidak memahami maateri yang diajarkan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaram Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengkuran akhir (Posttest). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest). (3) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar. Di dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adlah Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.
Copyrights © 2023