Penelitian evaluasi purna huni (EPH) dilakukan pada ruang kelas persiapan anak berkebutuhan khusus SLB YPAC Manado yang bertujuan untuk menilai kinerja ruang kelas pada aspek teknik kebisingan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kegiatan belajar. Proses EPH yang digunakan adalah investigatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang menggabungkan hasil kuesioner dan alat ukur kemudian hasilnya dikomparasi dengan standar perancangan sebagai hasil kinerja ruang kelas. Hasil EPH dari analisa pengukuran, perhitungan, dan komparasi menunjukkan kinerja ruang kelas persiapan tunaghrahita SLB YPAC Manado belum memenuhi kebutuhan dan kenyamanan dalam menunjang kegiatan belajar anak tunagrahita dan terjadi sinkron dan kontradiktif antara hasil penilaian responden dan komparasi standar perancangan. Melalui penelitian EPH ini diberikan suatu rekomendasi perbaikan desain sebagai masukan perancangan ruang kelas yang sesuai untuk sekolah khusus ABK kedepannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022