Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Keterampilan bermain tebak huruf pada kelas B di RA Syamsi Dhuha Kecamatan Mandalajati Bandung; 2) Kecerdaan kognitif anak usia dini di kelas B RA Syamsi Dhuha; dan 3) Hubungan antara keterampilan bermain tebak huruf dengan kecerdaan kognitif anak usia dini di kelas B RA Syamsi Dhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah metode penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh anak kelas B di RA Syamsi Dhuha dengan jumlah 12 anak ditetapkan sebagai responden penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada keterampilan bermain tebak huruf diperoleh nilai rata-rata 57 kategori kurang. Kecerdasan kognitif anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 59 dengan kategori kurang. Angka koefisien korelasi yang didapat adalah 0,504, berkategori sedang karena berada pada interval 0,400 – 0,600. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 1,844 < harga ttabel = 2,764 artinya Ho (Hipotesis nol) diterima. Dengan kata lain tidak memiliki hubungan nyata yang relevan antara keterampilan bermain tebak huruf dengan kecerdasan kognitif anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi keterampilan bermain tebak huruf terhadap kecerdasan kognitif anak usia dini sebesar 25,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 75,6% kecerdasan kognitif anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2022