Gunung Djati Conference Series
Vol. 19 (2023): The 4th Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS)

Pengaruh K-pop terhadap Netizen di Media Sosial Instagram dan Tiktok dalam Perspektif Hadis tentang Akhlak

Saila Salsabila (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh K-pop terhadap akhlak netizen di media sosial Instagram dan Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek penelitian ini adalah ilmu hadis, sedangkan objek materialnya adalah studi kasus hadis tentang akhlak atau etika di media sosial dan tokoh idola dalam riwayat Shahih Bukhari No. 6003 dan Musnad Ahmad No. 4869. Pembahasan penelitian ini meliputi pengaruh K-pop terhadap akhlak netizen di media sosial Instagram dan Tiktok, konsep berakhlak yang baik di media sosial, dan perspektif hadis tentang akhlak dalam media sosial dan tokoh idola. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Islam tidak pernah melarang umatnya untuk menyukai atau mengidolakan seseorang. Namun, ada batasan ketika mengidolakan seseorang itu dengan syarat tidak keluar dari aturan ajaran Islam. Zaman sekarang K-pop memang sudah meraja rela, dan semua idola K-pop berasal dari non-Muslim juga, akan tetapi perlu diingatkan bahwa menyukai K-pop jangan terlalu berlebihan. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat bagi pengayaan khazanah pengetahuan Islam.

Copyrights © 2023