Indonesian Research Journal on Education
Vol. 1 No. 1 (2021): irje 2021

Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Menggunaan Model Problem Posing Pada Siswa Sekolah Dasar

Yana Yela Afnita (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 001 Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi statistik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada siswa kelas V SDN 001 Binamang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai April hingga Mei 2019. Subjek Penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 19 orang, dengan jumlah laki-laki 8 orang, dan siswa perempuan berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa materi statistik kelas V SDN 001 Binamang pada pratindakan tergolong cukup aktif dengan ketuntasan klasikal 22,2%, dari 18 orang siswa hanya 4 orang siswa yang tuntas. Pada siklus I cukup aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 50%, dan 18 orang siswa terdapat 9 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II tergolong aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 83,3%, dari 18 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas. Hasil penelitian ini meningkat karena menemukan penggunaan media Microsoft PowerPoint membuat suasana belajar yang lebih menarik dan siswa llebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa kelas V SDN 001 Binamang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...