Teknologi seolah menjadi ujung tombak dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Pengaruhnya bisa kita rasakan sendiri mulai dari berubahnya kebudayaan, kondisi sosial, salah satunya pada dunia pendidikan. Hadirnya smartphone sangat memanjakan mahasiswa dalam berkomunikasi dan mencari informasi, terlebih lagi mahasiswa seolah didesak oleh zaman untuk menggunakan smartphone agar selalu update dan aktif pada grub atau forum diskusi. Hadirnya smartphone membuat peluang para developer menciptakan aplikasi yang tidak hanya untuk berinteraksi namun juga yang bersifat menghibur salah satunya adalah game online awalnya game online dijadikan untuk sekedar refreshing otak setelah melakukan aktivitas yang panjang, namun pada zaman sekarang bermain game merupakan aktivitas yang wajib untuk dilakukan mulai dari anak kecil hingga dewasa, baik sekedar mengisi waktu kosong ataupun bermain secara terus menerus. Dengan pendeketan secara deskriptif penelitian ini mencoba membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara bermain game online dengan perilaku menunda-nunda akademik mahasiswa, dengan jumlah responden sebanyak 83 mahasiswa, dapat dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,428 yang lebih besar dari t tabel yang bernilai 1,663 dan juga diperkuat adanya nilai dari koefisien korelasi yaitu sebesar 0,478 dikategorikan memiliki nilai yang “cukup” signifikan untuk mempengaruhi sikap mahasiswa menunda-nunda akademik.
Copyrights © 2022