Penelitian ini membahas pengaruh dari brand leadership dan customer satisfaction terhadap perilaku continuous use intention yang ditujukan pada pengguna marketplace Tokopedia. Penelitian ini difokuskan kepada pengguna Tokopedia di Kota Bandung dikarenakan transaksi di Tokopedia di Jawa Barat pada 2021 meningkat 2 kali lipat. Bandung sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat menarik untuk diteliti berkaitan dengan continuous use intention pengguna Tokopedia. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat peran e-commerce yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, yang ditandai dengan perilaku konsumtif dan keinginan untuk terus menggunakan e-commerce secara berulang (continuous use intention). Dalam penelitian ini, responden yang digunakan adalah sebanyak 130 responden dengan menggunakan purposive sampling. Kriteria yang digunakan untuk mengambil sampel adalah responden yang berdomisili di Kota Bandung dengan rentang usia 19-30 tahun dan pernah menggunakan marketplace Tokopedia sebagai pembeli. Data akan diolah menggunakan SPSS dengan metode Regresi Mediasi Kausal Step. Dari penelitian ini, didapat hasil bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara brand leadership dengan continuous use intention. Customer satisfaction juga terbukti berpengaruh terhadap continuous used intention. Penelitian ini juga membuktikan peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Hal ini mengindikasikan bahwa brand leadership dan customer satisfaction merupakan variabel yang dapat meningkatkan continuous use intention pada pengguna Tokopedia di Kota Bandung, dan membuktikan peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Kata kunci: Niat Penggunaan Berkelanjutan, Kepemimpinan Merek, Kepuasan Pelanggan
Copyrights © 2022