Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 11 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Agustus 2022)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 PUNGGING MOJOKERTO

Taqwim, Mastna Achsani (Unknown)
Haryudo, Subuh Isnur (Unknown)
Wrahatnolo, Tri (Unknown)
Joko, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto, diperoleh beberapa kendala di antaranya kurang berkembangnya kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model Research and Development (R&D). Berdasarkan dari penilaian yang telah dilakukan, perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah layak digunakan untuk pelajaran instalasi penerangan listrik SMK kelas XI TITL. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid atau sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 86.35%, yang diperoleh dari hasil persentase silabus 86,16%, rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 83,54%, lembar kerja siswa sebesar 84,54%, dan bahan ajar siswa sebesar 83,33%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, diperoleh persentase sebesar 86.88% dengan kategori sangat praktis, angket respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 78.43% dengan kategori praktis, hasil belajar ranah afektif dengan persentase 85,27%, ketercapaian ranah kognitif dengan persentase 82,69%, dan ketercapaian ranah psikomotor didapat persentase 80,44% dengan kategori sangat baik apabila ditinjau dari masing-masing ranah. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian yang telah dilakukan menghasilkan perangkat pembelajaran sangat layak meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...