Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 10, Nomor 3, September 2022

KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BAUBAU

Abdul Weas (SMP Negeri 7 Baubau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat bagi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif yang dimaksud adalah pendeskripsian objek penelitian sebagaimana adanya atau penggambaran dan penyajian data berdasarkan kenyataan-kenyataan secara objektif tentang kemampuan menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan siswa dalam menulis naskah drama pendek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara masing-masing responden menulis naskah drama pendek. Keseluruhan data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Statistik yang dimaksud adalah berupa tabulasi dan persentase. Tabulasi digunakan untuk mendeskripsikan gejala-gejala yang dapat diketahui melalui persentase individu yang muncul secara kelompok sesuai dengan ketentuan penskoran yang ditetapkan. Sedangkan, persentase digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kebenaran jawaban siswa dalam menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Kemampuan menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau bahwa dari 20 responden siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau dalam menulis naskah drama pendek 100% tuntas secara individual maupun klasikal dengan nilai berkisar antara 65-90. (2) Rata-rata persentase skor siswa adalah 77,75%, yaitu berada pada rentang 70%-84% pada kategori mampu. (3)Berdasarkan peraspek, kelengkapan pada aspek formal naskah drama (judul, dialog, babak, kramagung, dan prolog) terdapat II orang responden atau 55% tuntas secara individual dan tidak tuntas secara klasika, aspek kerangka naskah drama lengkap terdapat 20 orang responden atau 100% tuntas secara individual maupun klasikal, aspek penggunaan ejaan yang disempurnakan terdapat 20 orang responden atau 100% tidak tuntas secara individual maupun klasikal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...