JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 2 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PEMBERDAYAAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS (PENGABDIAN DI KP.TEGAL HEAS, DESA CIHANJAWAR, KEC.BOJONG PURWAKARTA)

Azimah, Azkiatun Nisa (Unknown)
Setiawan, Usep (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2023

Abstract

The partner village that is the place of devotion this time is Cihanjawar village. Researchers saw that there was a Diniyah Takmiliyah Awaliyah school that was not used for the learning process in Tegal Heas Cihanjawar Purwakarta village. The reason for determining the object of the proposed problem is the background of the problems that arise due to the lack of use of the place and also the village government's policies that are not supportive, limited funds, causing the place to become a vacuum. The solution proposed by the researcher was to empower the low motivation of parents to send their children to school, which later returned to the place to become Diniyah Takmiliyah Awaliyah to integrate learning to read and write the Quran with religious character values to children. The method used by researchers is to use the Participatory Action Research (PAR) approach which is also equipped with consultation, mentoring, and training. The contribution made by the researcher is for the place to become a Diniyah Takmiliyah Awaliyah school that can maximize its role in education to build the character of religious students. The benefits for students can get additional knowledge. For the community, it can support efforts to cultivate religious character education. In conclusion, the existence of the Diniyah Takmiliyah Awaliyah school is very important in the community as a place of education for children.ABSTRAKDesa mitra yang menjadi tempat pengabdian kali ini adalah desa Cihanjawar. Peneliti melihat adanya sekolah Diniyah Takmiliyah Awaliyah yang tidak dimanfaatkan untuk proses pembelajaran di kampung Tegal Heas Cihanjawar Purwakarta. Alasan penentuan obyek masalah yang diajukan adalah latar belakang permasalahan yang muncul karena kurangnya pemanfaatan tempat tersebut dan juga kebijakan pemerintah desa yang kurang mendukung, terbatasnya dana, menyebabkan tempat tersebut tersebut menjadi vakum. Solusi yang diajukan peneliti adalah memberdayakan rendahnya motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya, yang kemudian kembali tempat tersebut menjadi Diniyah Takmiliyah Awaliyah untuk mengintegrasikan pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran dengan nilai-nilai karakter religius kepada para anak-anak. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang juga dilengkapi dengan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan. Kontribusi yang diajukan peneliti adalah agar tempat tersebut menjadi sekolah Diniyah Takmiliyah Awaliyah yang dapat memaksimalkan peranannya dalam pendidikan untuk membangun karakter siswa religius. Manfaatnya bagi para siswa bisa mendapatkan tambahan ilmu. Bagi masyarakat dapat mendukung upaya penanaman pendidikan karakter religius. Kesimpulannya keberadaan sekolah Diniyah Takmiliyah Awaliyah sangatlah penting di masyarakat sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...