cover
Contact Name
Elan Jaelan
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Published by Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28073878     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan penelitian baru yang signifikan terkait dengan pendidikan, termasuk: bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 376 Documents
PENGARUH QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTSN 1 KOTA SURABAYA Aini, Vera Nur
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 3 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.063 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i3.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Pre-Experimental Designs. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik Purpose sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas yaitu VIII B dan VIII E. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya, peneliti menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir, di mana jawaban pada masing-masing item berupa lima alternatif pilihan dengan satu jawaban yang benar. Sebelum diterapkan pada peserta didik, instrumen di analisis terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas perangkat yang akan digunakan, sehingga instrument tersebuut layak untuk digunakan. Pada hasil analisis uji N-Gain, data yang diperoleh menunjukkan angka 0,71 yang berarti masuk dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizziz sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya.
MANAJEMEN KEARSIPAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA MAJALAYA PUTRA KABUPATEN BANDUNG Gustina, Lestary; Hidayat, Asep Taufik
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.567 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i1.18

Abstract

The background to this research is that in this day and age, information is an absolute necessity for every agency, both government and private agencies. Information is also needed to support the administrative work process of an institution, especially in the education sector. Archives are records of activities or events in various forms and media in accordance with developments in information and communication technology created and accepted by educational institutions in the implementation of national, national and state life. A good archive storage system can make it easier for schools to carry out administrative activities in carrying out their duties, so that archive managers can produce physical information and archives and maintain archives, especially by supervising and managing archives as a data source that can be useful. The method used in this research is a qualitative research method, with the aim of describing or describing the management of education staff archives, as well as phenomena that arise at the research location. The data collected in this research is data obtained by interviews, observation and documentation studies. So that the research results are arranged systematically, the author's steps in analyzing the data are to first select the main things and focus on the important things. good at presenting data in the form of briefs, and the like. Third, draw conclusions to answer the problem formulation that was formulated from the start. Based on the results of this research, the author concludes: (1) The management of archives for educational staff in improving administrative services at Majalaya Putra High School is good and correct in accordance with the procedures implemented; (2) Supporting factors for archival management of educational staff in improving administrative services are the lack of modern technology plus employees who have served as administrative staff for a long time but the obstacles faced are the location of schools which are prone to flooding, lack of archival equipment and infrastructure for special archive facilities; (3) Overcoming obstacles, namely by utilizing existing facilities and cleaning or drying archives that can still be saved due to flooding.ABSTRAKLatar belakang penelitian ini adalah bahwa di zaman sekarang ini informasi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap instansi baik instansi pemerintah maupun swasta. Informasi juga diperlukan untuk mendukung proses kerja administrasi suatu lembaga khususnya di bidang pendidikan. Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, berbangsa, dan bernegara. Sistem penyimpanan arsip yang baik dapat memudahkan pihak sekolah dalam melakukan kegiatan administrasi dalam melaksanakan tugasnya, sehingga pengelola arsip dapat menghasilkan informasi fisik dan arsip serta memelihara arsip terutama dengan pengawasan dan pengelolaan arsip sebagai sumber data dapat bermanfaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan pengelolaan arsip tenaga kependidikan, serta fenomena-fenomena yang muncul di lokasi penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Agar hasil penelitian tersusun secara sitematis, langkah-langkah penulis dalam menganalisis data adalah terlebih dahulu memilih hal-hal yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang penting. baik menyajikan data dalam bentuk brief, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan: (1) Pengelolaan kearsipan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMA Majalaya Putra sudah baik dan benar sesuai dengan prosedur yang dilaksanakan; (2) Faktor pendukung manajemen kearsipan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan administrasi yaitu belum adanya teknologi modern ditambah pegawai yang sudah lama menjabat sebagai tenaga administrasi namun kendala yang dihadapi adalah letak sekolah yang rawan banjir, kurangnya peralatan kearsipan dan sarana prasarana fasilitas tempat khusus arsip; (3) Mengatasi kendala yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan membersihkan atau mengeringkan arsip yang masih bisa diselamatkan akibat banjir..
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING Istidah, Anik; Suherman, Usep; Holik, Abdul
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.759 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v2i1.187

Abstract

This action research is motivated by the existence of a learning model that is used less varied, in the teaching and learning process, the teacher has not been able to create active and fun learning, so that students experience boredom during the learning process and students play less active roles, students still like to play alone while learning, so that student learning outcomes do not reach KKM. This research was conducted in two cycles. In each cycle, learning activities were carried out by applying the Discovery Learning method. The research subjects were fourth grade students consisting of 34 students. This study shows that student learning outcomes in the material of the properties of light through the Discovery Learning method can improve. The increase can be seen from the results of class action research in cycles I and II. In cycle I students who completed the KKM were 10 students or 29.41%. In cycle II, the number of students who completed the KKM was 30 students or 88.23%, an increase of 58.82% from cycle I. Thus, it can be concluded that the use of the Discovery Learning method can improve the learning process. Thus it can be concluded that the use of the Discovery Learning method can improve the learning outcomes of science material on the properties of light in class IV students of MI Daarul Qolam, Margahayu District, Bandung Regency in the 2020/2021 school year.ABSTRAKPenelitian Tindakan ini dilatarbelakangi oleh adanya model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, dalam proses belajar mengajar, guru belum mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kejenuhan selama proses pembelajaran dan siswa kurang berperan aktif, siswa masih suka bermain sendiri saat belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat cahaya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 10 siswa atau 29,41%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM sebanyak 30 siswa atau 88,23% meningkat 58,82% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2020/2021.
MANAJEMEN DAN METODE PELATIHAN PADA IRWANI PANE INSTITUTE Asir, Muhammad; Rahmi, Rahmi
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.71 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i2.20

Abstract

This research aims to determine 1) management and training methods, 2) the obstacles, and 3) solutions in overcoming obstacles to implementing management and training methods at the Irwani Pane Institute. The type of research used is descriptive qualitative, namely the author describes the results of observations and interviews with the institute in the staff unit. This research was conducted from June to July 2020. The results of this research show that the management applied is planning; place, schedule, media, methods, and materials/presenters. Methods are lectures or lectures, demonstrations, exercises/practice, work instruction exercises, case studies, games, role playing, online learning. Barriers experienced in management and training methods include inappropriate time placement and lack of staff. The effort to overcome this obstacle is to create a chat group consisting of staff who work at the Irwani Pane Institute so that the schedule can be used well and as optimally as possible.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen dan metode pelatihan, 2) hambatan-hambatannya, dan 3) solusi dalam mengatasi hambatan penerapan manajemen dan metode pelatihan pada Irwani Pane Institut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak institut di unit staf. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2020. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa manajemen yang diterapkan adalah perencanaan; tempat, jadwal, media, metode, dan materi/pemateri. Metode adalah kuliah atau ceramah, peragaan, latihan/praktek, latihan instruksi kerja, studi kasus, permainan (playing games), bermain peran (role play), pembelajaran daring (online learning). Hambatan yang dialami dalam manajemen dan metode pelatihan antara lain penempatan waktu yang tidak on time dan kurangnya staf. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah membuat group chat yang terdiri dari staf yang bekerja di Irwani Pane Institute agar jadwal dapat digunakan dengan baik dan semaksimal mungkin.
Implementasi Kebijakan Pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta Darma, Surya Hadi; Wulandari, Dyah
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.61 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v2i1.125

Abstract

This study aims to evaluate the Purwakarta District Government's policy on the implementation of character education policies, it was initiated by the researcher's findings that there were several programs that did not run optimally so that there needed to be an update in making education policies in Purwakarta Regency. This research was conducted using a qualitative approach. The research method used was field research using a qualitative approach. Furthermore, data were collected through interviews, observations, documentation and questionnaires. The results of this study found that Organizing the implementation of character education policies in Purwakarta Regency is still not running optimally, the bureaucratic structure that does not have a work mechanism in implementing policies and socialization methods that have not been implemented thoroughly hinder the implementation of character education policies in Purwakarta Regency. There are several obstacles in the process of implementing education policies in Purwakarta, including: 1) the socialization process is not carried out thoroughly, 2) the growth of mutual awareness, 3) the evaluation process is not running optimally.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta tentang implementasi kebijakan pendidikan karakter, hal tersebut diawali oleh temuan peneliti bahwa terdapat beberapa program yang tidak berjalan maksimal sehinggap diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam pembuatan kebijakan pendidikan di Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pengorganisasian implementasi kebijakan pendidikan berkarakter di Kabupaten Purwakarta masih belum berjalan secara optimal, struktur birokrasi yang belum memiliki mekanisme kerja dalam pengimplementasian kebijakan dan metode sosialisasi yang belum dilaksanakan secara menyeluruh menghambat pelaksanaan kebijakan pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta. Terdapat beberapa hambatan yang dalam proses penerapan kebijakan pendidikan di Purwakarta, diantaranya:1) proses sosialisasi tidak dilaksanakan secara menyeluruh, 2) belum tumbuhnya kesadaran bersama 3) proses evaluasi tidak berjalan optimal
HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANGTUA DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2018/2019 Sihombing, Sotarduga
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.4 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i1.14

Abstract

The main problem most often faced by students is learning problems. Usually learning problems are caused by a lack of learning facilities not only at school but also at home. Therefore, it is hoped that the role of parents is to pay attention to and guide students at home and provide good learning facilities. Factors that influence student learning outcomes are not only internal (internal factors) but also external (external factors). Parents' socio-economic factors, motivation, learning facilities at home are factors that influence student learning outcomes. Provision of learning facilities at home by parents is an external factor that also greatly influences student learning outcomes. The research method used is descriptive research method. By using data collection techniques through documentation, questionnaires on the population and samples, then testing or testing. Assessing the quality of research instruments through assessing the quality of questionnaires in the validity and reliability testing sections. The research results summarize the research findings as follows: (1) Multiple linear regression between variable Y on X1 and X2 was obtained. From this regression it can be said that parents' social status influences student learning outcomes more than learning facilities. (2) The relationship between parents' social status and the economic learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 1 Pematangsiantar for the 2018/2019 academic year is quite high (0.72). (3) The relationship between learning facilities and the economic learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 1 Pematangsiantar for the 2018/2019 academic year is quite high (0.66). (4) The relationship between parents' social status and learning facilities with the economic learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 1 Pematangsiantar for the 2018/2019 academic year is quite high (0.72).ABSTRAKMasalah pokok yang paling banyak dihadapi oleh siswa adalah masalah belajar. Biasanya masalah belajar disebabkan kurangnya fasilitas belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Oleh karena itu diharapkan peranan dari orangtua untuk memperhatikan dan membimbing siswa dirumah dan memberikan fasilitas belajar yang baik. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari dalam diri (faktor intern) juga dari luar (faktor ekstern). Faktor sosial ekonomi orang tua, motivasi, fasilitas belajar di rumah, merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penyediaan fasilitas belajar di rumah oleh orangtua merupakan faktor eksternal yang juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket pada populasi dan sampel, kemudian mengetes atau pengujian. Melakukan penilaian kualitas instrumen penelitian melalui penilaian kualitas angket pada bagian uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian merangkum temuan penelitian sebagai berikut: (1) Regresi linier multiple antara variabel Y atas X1 dan X2 diperoleh. Dari regresi tersebut dapat dikatakan bahwa status sosial orangtua lebih mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan fasilitas belajar. (2) Hubungan status sosial orangtua denganhasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72). (3) Hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,66). (4) Hubungan antarastatus sosial orangtua dan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72).
MARDHATILLAH SEBAGAI TUJUAN AKHIR PENDIDIKAN ISLAM Suhendi, Endi
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.626 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i3.189

Abstract

A happy life is every human's dream, but where can we get that happiness? Some people think that with wealth they can live happily, others think that with a high position they can live happily and there are also those who think that knowledge is the source of happiness in life. Misconceptions about the source of happiness have resulted in a deviant paradigm for humans in determining their life goals. Believers will certainly know that the source of true happiness is not in wealth, position, knowledge and so on but in the pleasure of Allah SWT. (mardhatillah). Therefore, the ultimate goal of a believer's life is none other than achieving the pleasure of Allah SWT. The implication for Islamic education is that mardhatillah must be the ultimate goal of Islamic education itself. Because the essence of the aim of Islamic education is to form humans who have the character of ibadurrahman, namely humans who have a commitment to worship Allah and are able to maintain harmony in their relationships with fellow humans and with other creatures of Allah. And it is that character that will bring the pleasure of Allah SWT.ABSTRAKHidup bahagia merupakan dambaan setiap manusia, namun di manakah kebahagiaan itu dapat kita peroleh. Sebagian orang beranggapan dengan harta dia dapat hidup bahagia, sebagian yang lain beranggapan dengan jabatan yang tinggi lah dia dapat hidup bahagia dan ada pula yang beranggapan bahwa ilmu adalah sumber kebahagiaan hidup. Kekeliruan pandangan tentang sumber kebahgiaan telah mengakibatkan melencengnya paradigma manusia dalam menentukan tujuan hidupnya. Bagi manusia beriman tentu akan mengetahui bahwa sesungguhnya suber kebahagiaan hakiki bukan ada pada harta, jabatan, ilmu dan lain sebagainya melainkan ada pada keridhaan Allah swt. (mardhatillah). Oleh karena itu tujuan akhir dari kehidupan sorang mukmin tiada lain adalah menggapai ridha Allah swt. Implikasinya pada pendidikan Islam adalah mardhatillah harus menjadi tujuan akhir dari pendidikan Islam itu sendiri. Karena hakikat dari tujuan pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang memiliki karakter ibadurrahman, yaitu manusia yang memiliki komitmen untuk menyembah Allah dan dia mampu memelihara keharmonisan dalam hubungan sesama manusia dan dengan makhluk Allah lainnya. Dan karakter itulah yang akan mendatangkan ridha Allah swt. 
Pengembangan LKS Berbasis Jucama Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis yenni, yenni
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.553 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i2.21

Abstract

This research aims to produce a product in the form of a Student Worksheet (LKS) based on the Jucama model, determine the quality of the LKS, and find out whether the LKS can be used to improve high school students' mathematical creative thinking abilities on functional derivative material. The research was conducted at SMA PGRI 83 Legok in the 2020/2021 academic year. The subjects were small-scale limited trials with 8 students from class XII MIPA. The method uses RD, with the ADDIE research model which consists of five steps: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. The student response questionnaire after using the LKS was an average score of 3.1 out of a maximum score of 4 with good assessment criteria. Looking at the indicators of improving students' creative mathematical thinking on the expert assessment sheet, they obtained a score of 4 by achieving a good assessment. Thus, the worksheets developed are good for improving students' creative mathematical thinkingABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berdasarkan model Jucama, mengetahui kualitas LKS, serta mengetahui apakah LKS yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA pada materi turunan fungsi. Penelitian dilakukan di SMA PGRI 83 Legok tahun ajaran 2020/2021 Subjek uji coba terbatas berskala kecil dengan 8 orang siswa kelas XII MIPA. Metode menggunakan RD, dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima langkah: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Angket respon siswa sesudah menggunakan LKS berada pada skor rata-rata 3,1 dari skor maksimal 4 dengan kriteria penilaian baik. Melihat indikator meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa pada lembar penilaian ahli memperoleh skor 4 dengan mencapai penilaian baik. Dengan demikian LKS yang dikembangkan baik untuk meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa
PERAN ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK DI GEREJA BAPTIS MENEHI SENTANI Kogoya, Willius
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.738 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v2i1.173

Abstract

The role of parents in children's education is very important in laying the foundation for their children's lives. Whether a child's character, behavior, or personality is good or bad is influenced by how parents educate them. But in reality, parents tend to let children grow by themselves, leaving education entirely to the church or school. Using qualitative methods, this study aims to examine the field facts about the negative impact of the lack of role of Christian parents in educating their children, and then try to find solutions that can be useful as input for influential people at Menehi Baptist Church Sentani. A sample of fifteen people was taken, consisting of eight parents and seven children/youth. From the results of the study, it was found that around 50% of children at Menehi Baptist Church Sentani had deviant behavior as a result of the lack of parental role in educating their children. So it is deemed necessary to increase the role of parents in educating children to renew children's behavior.ABSTRAKPeran orangtua dalam pendidikan anak sangat penting dalam peletakan pondasi dalam kehidupan anak-anaknya. Baik buruknya sifat, tingkah laku, kepribadian seorang anak, dipengaruhi oleh bagaimana orangtua mendidik mereka. Namun kenyataannya, orangtua cenderung membiarkan anak-anak bertumbuh dengan sendirinya, menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada gereja atau sekolah. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menelisik fakta lapangan tentang dampak negatif dari kurangnya peran orangtua Kristen dalam mendidik anak-anaknya, untuk kemudian berusaha menemukan solusi yang dapat bermanfaat sebagai masukan bagi orang-orang yang berpengaruh di Gereja Baptis Menehi Sentani. Sampel yang diambil berjumlah lima belas orang, terdiri dari delapan orangtua dan tujuh orang anak/pemuda/remaja. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa ditemukan sekitar 50% anak-anak di Gereja Baptis Menehi Sentani memiliki perilaku yang menyimpang sebagai akibat kurangnya peran orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Maka dipandang perlu untuk meningkatkan peran orangtua dalam mendidik anak untuk memperbaharui perilaku anak.
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI PERUSAHAAN PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (KECAMATAN SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG) Nurlatifah, Laela
Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.752 KB) | DOI: 10.59818/jpi.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab sejumlah pertanyaan penting, diantaranya 1). Bagaimana gaya kepemimpinan menurut ilmu manajemen pendidikan Islam, 2). Bagaimana pelaksaanaan gaya kepemimpinan di “Perusahan X”, 3). Bagaimana motivasi kerja karyawan di “Perusahaan X”, 4). Bagaimana pandangan manajemen pendidikan Islam terhadap gaya kepemimpinan dan motivasi karyawan di “Perusahaan X”? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan peristiwa-peristiwa yang ada di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara mengamati, mewawancarai dan mendokumentasikan, sehingga hasil penelitian ini tersusun secara sistematis ada beberapa langkah dalam menganalisis data yang pertama adalah memilih bagian-bagian utama yang menjadi fokus masalah, yang kedua menyajikan data secara singkat dan jelas, ketiga menarik kesimpulan guna mendapatkan jawaban dari rumusan masalah judul skripsi ini.

Page 1 of 38 | Total Record : 376


Filter by Year

2021 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 5, No 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 5, No 5 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 5, No 4 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 5, No 3 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 5, No 2 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 4, No 6 (2024): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 4, No 5 (2024): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 4, No 3 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 6 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 5 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 4 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 3 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 2 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 3, No 1 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 6 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 4 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 3 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 2 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 3 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi More Issue