JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 2 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 19 MERANGIN

Nuzli, Muhammad (Unknown)
Darni, Darni (Unknown)
Rohmatin, Rohmatin (Unknown)
Susanti, Meri (Unknown)
Husna, Muppidatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2023

Abstract

The background of this research is the importance of library management at SMA Negeri 19 Merangin to encourage and support the learning process in an educational institution which aims to describe the management of the library in fulfilling and carrying out the roles and functions of a library unit. To reveal this, research has been carried out using a qualitative approach, data and information are collected by observing, interviewing and documenting, and analyzed by reducing, displaying and verifying data, so that conclusions can be drawn from the research process carried out. The research results obtained can be concluded that library management still does not cooperate well in procuring library collections, library managers do not have library science education qualifications and their understanding is still low, the library collection is physically incomplete in general, and the management system is still manual.ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi penting pengelolaan Perpustakaan di SMA Negeri 19 Merangin untuk mendorong dan mendukung proses pembelajaran dalam sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perpustakaan tersebut dalam memenuhi dan melaksanakan peran serta fungsi sebuah unit perpustakaan. Untuk mengungkap hal ini semua telah dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, data dan informasi kumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan dianalisis dengan melakukan reduksi, display dan verifikasi data, sehingga dapat disimpulkan dari proses penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa manajemen perpustakaan masih kurang kerja sama dengan baik dalam pengadaan koleksi perpustakaan, pengelola perpustakaan tidak memiliki kualifikasi pendidikan ilmu perpustakaan dan pemahamannya masih rendah, koleksi perpustakaannya secara fisik pada umumnya belum lengkap, dan sistem pengelolaan masih manual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...