WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 8, No 1 (2023): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2023

Analisis Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Gerak Lurus Menggunakan Teori Respons Butir

Pungkas Wijiasmoro (Unknown)
Taufik R Ramalis (Universitas Pendidikan Indonesia)
Purwanto Purwanto (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mutiara Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi gerak lurus di sekolah menengah atas (SMA) menggunakan teori respons butir (IRT). Karakteristik instrumen yang dianalisis adalah model parameter logistik yang sesuai, validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif menggunakan data kuantitatif dan desain yang digunakan adalah ­one-shot design. Partisipan penelitian ini adalah 101 siswa SMA yang telah mempelajari gerak lurus. Data yang didapat dianalisis menggunakan teori respons butir model 2-PL. Instrumen berupa 22 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Reliabilitas instrumen menunjukkan instrumen tersebut bisa diandalkan untuk diberikan pada siswa dengan kemampuan rendah hingga sedang dengan nilai kemampuan -1,1 hingga 0,9. Daya pembeda instrumen secara keseluruhan dinyatakan baik dengan nilai a = 1,98. Sedangkan untuk daya pembeda setiap soal, 11 soal dinyatakan memiliki daya pembeda baik dan 11 soal lainnya dinyatakan memiliki daya pembeda tidak baik. Taraf kesukaran instrumen secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang dengan nilai b = -0,1. Sedangkan untuk taraf keseluruhan setiap soal, satu soal termasuk dalam kategori soal mudah, satu soal termasuk dalam kategori sukar, dan 20 soal lainnya termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...