WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 2, No 1 (2017): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2017

PENGEMBANGAN TERBATAS TES DIAGNOSTIK FORCE CONCEPT INVENTORY BERFORMAT FOUR-TIER TEST

Aldi Zulfikar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Achmad Samsudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Duden Saepuzaman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Konsepsi siswa pada konsep gaya merupakan hal penting untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, diperlukan suatu instrumen tes diagnostik yang dapat mendiagnosis level konsepsi siswa pada konsep gaya. Hal inilah yang mendasari peneliti mengembangkan instrumen Force Conceptual Inventory (FCI) dalam format four-tier test (tes empat level). Tujuan penelitian ini disusun sebagai langkah awal pengembangan FCI berformat four-tier test sebagai salah satu instrumen tes diagnostik pada konsep gaya. Metode penelitian menggunakan desain Plomp dengan tahap (1) Investigasi Awal, (2) Desain, (3) Realisasi/Konstruksi, (4) Tes, Evaluasi, dan Revisi, (5) Implementasi. Instrumen yang dikembangkan diuji-cobakan pada 30 siswa di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa instrumen tes diagnostik FCI berformat four-tier test yang dapat mendiagnosis level konsepsi siswa pada konsep gaya. Dengan demikian, hasil pengembangan FCI berformat four-tier test ini berpotensi untuk dijadikan salah satu instrumen tes diagnostik yang dapat mengungkap miskonsepsi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...