Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan tes diagnostik dalam bentuk four-tier untuk mengidentifikasi profil konsepsi siswa pada matari alat-alat optik. Mengidentifikasi profil konsepsi siswa tentang alat-alat optik penting dilakukan untuk mendukung siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode yang dilakukan pada penelitian adalah menggunakan model 4D (Defining, Designing, Developing, and Disseminating). Sampel yang digunakan adalah 33 siswa dan 29 siswa SMA Negeri di kota Bandung dari dua sekolah yang berbeda. Hasil validasi menunjukkan bahwa semua butir soal dikategorikan valid dan nilai reliabilitasnnya sebesar 0,69. Hasil menunjukkan bahawa four tier diagnostic test yang dikembangkan peneliti dapat digunakan untuk mengidentifikasi profil konsepsi siswa pada konsep alat-alat optik. The research aims to develop an isntrument of four-tier diagnostic test to identify student’s conception in optical instrumets concepts. Student’s conceptions about optical instruments concepts are important to support the student itself for the learning process in classroom. The study is research develop with an aply 4D model (Defining, Designing, Developing, and Disseminating). The sample used 33 students and 29 students of High School in Bandung from two different schools. The result showed that four-tier diagnostic test is able to identify student’s conception profil of optical instrumets concepts
Copyrights © 2020