Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Ib Dengan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kapten A Rivai Palembang

Ulpa Dwiyanti (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri)
Havis Aravik (Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri)
Choiriyah (Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis pemasaran produk tabungan batara iB akad wadi’ah yad dhamanah terhadap minat nasabah di BTN Syariah.  Strategi merupakan alat fudenemental yang direncanakan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Dalam kegiatannya Bank BTN Syariah perlu memasaran produk Batara iB dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat ataupun nasabah dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan kendala serta upaya Produk Tabungan Batara iB Kapten A Rivai Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Tabungan Negara Syariah Syariah Kapten A Rivai Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran bank Bank Tabungan Syariah Kapten A Rivai Palembang dalam memasaran tabungan batara iB dan juga kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam memasarkannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokmentasi dan didukung oleh studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan bank BTN Syariah Kapten A Rivai untuk tabungan batara iB adalah menggunakan konsep strategi pemasaran marketing mix  yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Kendala yang dihadapi berupa saingan dari produk lain, kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat tentang tabungan di Bank Syariah dan kurangnya penyebaran kantor dan mesin. Selain itu juga upaya mengatasi kendala yaitu, untuk lebih mengunggulkan produk tabungan dengan cara memberikan pemahaman atas manfaat yang dimiliki tabungn pada bank terkait, dan juga pengadaan ATM yang harusnya semakin disebar luaskan untuk mengudang minat masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebmak

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of ...