WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 2, No 1 (2017): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2017

PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERPINDAHAN KALOR SISWA KELAS VII

Tri Endro Pranowo (Universitas Pendidikan Indonesia)
Parsaoran Siahaan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wawan Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatanpemahaman konsep perpindahan kalor siswa kelas VII SMP melalui pembelajaran metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia dengan tanpa bantuan multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “pretest-posttest control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 66 orang di salah satu SMPN di Kabupaten Cianjur, yang dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 33 siswa. Kelompok pertama (kelompok eksperimen) menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia, sedangkan kelompok kedua (kelompok kontrol) menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa bantuan multimedia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep. Hasil gain yang dinormalisasi pada kelompok eksperimen sebesar 0,54, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,45, keduanya berada pada klasifikasi sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen menggunakan SPSS 16menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,04. Hasil ini lebih kecil dibandingkan dengan nilai p= 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa pada materi perpindahan kalor yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan multimedia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...