Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain faktorial 1x3, mengacu pada rancangan pre-eksperimen bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matakuliah atletik di Universitas Bengkulu yang berjumlah 90 mahasiswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dari 3 kelas berjumlah 36 mahasiswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan hasil tes pretest dan postestserta kuisioner. Penelitian ini dilakukan selama 7 minggu dengan memberi perlakuan selama 5 minggu. Data dianalisis dengan bantuan program Software SPSS Statistic 17.0.Hasil penelitian analisis anava satu jalan gaya belajar F hitung sebesar 17,759 lebih besar dari F tabel 0,05 sebesar 3,29 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar kognitif matakuliah atletik. Analisis uji – t menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,05 (1.68) dan nilai korelasi diperoleh sebesar 0,119 dengan signifikansi 0,396, menyatakan nilai postets dan pretest terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik melalui media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.Maka terdapat pengaruh multimedia interaktif atletik dengan gaya belajar auditori lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif dari pada gaya belajar visual dan kinestetik.
Copyrights © 2023