Jurnal Basicedu
Vol 7, No 1 (2023): February

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas IX

Nabsiah Sabrina (Universitas Labuhanbatu)
Nurlina Ariani Hrp (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran adalah entitas yang berbeda yang terdiri dari banyak bagian, teknik, instrumen, dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Panai Hulu. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif untuk penyelidikannya. Hasil menunjukkan bahwa 96% atau 26 dari 27 siswa mencapai hasil belajar (minimal 70). Karena nilai prestasi berada pada rentang g30 >x 70.0.70 dan koefisien siswa lebih dari 0,30 maka mean atau standar deviasi nilai belajar siswa adalah 0,60. Di SMP Negeri 1 Panai Hulu, pendekatan Quantum Learning dianggap tepat untuk pembelajaran matematika sampai kelas IX. Penerapan model pembelajaran Quantum Learning untuk pemecahan masalah matematika di kelas IX memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX SMP N 1 Panai Hulu. Paradigma pembelajaran ini berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Paradigma pembelajaran ini diharapkan dapat diterapkan secara teratur untuk meningkatkan keterampilan matematika lainnya. Dengan demikian, teknik Quantum Learning dapat dipahami cocok untuk pembelajaran matematika hingga kelas sembilan di SMP Negeri 1 Paneri Hulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...