Jurnal Tera
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Tera (September 2021)

RANCANG BANGUN ANTARMUKA INTERAKTIF BERBASIS GRAFIK UNTUK SIMULASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK DENGAN ALGORITMA DJIKSTRA

Wardani, Arum Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2021

Abstract

Algoritma dijkstra ditemukan oleh Edger Wybe Dijkstra merupakan salah satu algoritma untuk menentukan lintasan terpendek. Salah satu implementasi Algoritma Djikstra dengan bahasa C dirasa tidak efektif karena data titik dan garis harus dibuat dan disimpan terlebih dahulu dalam bentuk file teks sehingga menyulitkan pemakai. Maka diperlukan aplikasi dengan antarmuka interaktif berbasis grafik yang dapat mempermudah dalam menyediakan semua komponen penunjang yang dibutuhkan pada Algoritma Djikstra, meliputi pembuatan titik, garis, memasukan gambar/peta dan meyimpanan data. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode the linier sequential Model yang terdiri dari 5 tahap yaitu pengumpulan data, analisis, desain, pengkodean, pengujian. Rancang Bangun Antarmuka Interaktif berbasis grafik untuk Pencarian Rute Terpendek dengan Algoritma Djikstra dapat menyediakan semua komponen penunjang yang dibutuhkan pada seperti pembuatan titik, garis, memasukan gambar/peta dan meyimpanan data lebih interaktif dan mudah serta memberikan hasil perhitungan yang baik, sehingga pemakai dapat mengetahui jarak terpendek yang bisa digunakan untuk mencapai satu tujuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnaltera

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering

Description

Filosofi nama Tera adalah kepanjangan dari Teknik Undira dan korelasi dari Tera dalam bahasa teknik merupakan ukuran kuantitas dari kapasitas suatu beban sebesar 10 pangkat 12 (1012) pada sebuah perangkat, selain itu sebagai ukuran timbangan dan selalu dilakukan proses kalibrasi terhadap tingkat ...