ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh implementasipermainan tradisional terhadap perilaku prososial pada anak usia dini. Jenis penelitian iniadalah Quasi Experimental Design dengan rancangan nonequivalent control group design.Pada penelitian ini penentuan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan secaraacak terhadap kelas yang ada. Ada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompokkontrol, satu mendapatkan perlakuan dan satu kelompok kontrol, keduanya memperolehpre-test dan post-test. Dari hasil uji-t untuk kelas eksperimen diperoleh thitung = 16,150 dantaraf signifikan 5% dengan df 79 diperoleh ttabel = 2,374. Dengan membandingkan hasil thitungdan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (16,150 > 2,374), maka H1 diterima dan Hoditolak. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yangsignifikan antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan permainan tradisional dengananak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada anak usia dini. Sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi permainan tradisional terhadapperilaku prososial anak usia dini.Kata Kunci: permainan tradisional, perilaku prososial anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021