Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)
Vol 3 (2020): PROSIDING SINTESA

PENGENALAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK USIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Ni Made Ayu Suryaningsih (Unknown)
Christiani Endah Poerwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

ABSTRAKAnak usia dini merupakan aset penting bagi masa depan suatu bangsa. Berbagai haldilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka sejak dini. Salah satunya terkait denganpendidikan. Namun terjadinya Pandemi Covid-19 menjadi suatu hambatan besar dalamperkembangan dan keselamatan anak. Menjadi tanggung jawab bersama dalam memastikanmereka dapat melalui permasalahan ini. Penerapan protokol kesehatan merupakan jalan untukbisa menghindari resiko tertular Virus Covid-19. Diperlukan suatu upaya untuk memperkenalkanmereka agar mampu memahami dan menerapkan protokol kesehatan dengan efektif. Penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahamananak mengenai penerapan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanperbedaan hasil pembelajaran anak mengenai pemahaman protokol kesehatan antara kelaskontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dalammenerapkan protokol kesehatan antara kelas kontrol dan eksperimen setelah anak melalui prosespembelajaran.Kata kunci: Anak Usia dini, Model Pembelajaran Jigsaw, Protokol kesehatan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sintesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Health Professions Social Sciences

Description

Prosiding SINTESA merupakan sebuah forum ilmiah berupa seminar nasional bagi dosen dan peneliti dalam mendiseminasikan atau memublikasikan hasil penelitian serta pemikiran kritis dalam bidang teknologi, sains, dan sosial humaniora. Wadah berbagi pengetahuan, best practices, serta inspirasi bagi para ...