Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)
Vol 5 (2022): PROSIDING SINTESA

PERMAINAN MEMANCING IKAN KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA IV BUDUK

Ni Komang Theda Febrina Subagia (Unknown)
Christiani Endah Poerwati (Unknown)
Lusiana Christania (Unknown)
Nona Mulia Pasaribu (Unknown)
Aplia Putni Malo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan memancing ikan kertas dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk. Subjek dari penelitian ini adalah 21 orang anak kelompok B1, dengan objek penelitan permainan memancing ikan kertas dan meningkatnya kemampuan mengenal angka pada anak. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dengan prosedur empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada observasi awal ketuntasan mengenal angka pada anak kelompok B1 sebesar 38,10% siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak menjadi 57,14% dan pada siklus II menjadi 90,48%. Sehingga disimpulkan bahwa permainan memancing ikan kertas dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk.Kata kunci: anak usia dini, kemampuan mengenal angka, permainan memancing ikan kertas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sintesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Health Professions Social Sciences

Description

Prosiding SINTESA merupakan sebuah forum ilmiah berupa seminar nasional bagi dosen dan peneliti dalam mendiseminasikan atau memublikasikan hasil penelitian serta pemikiran kritis dalam bidang teknologi, sains, dan sosial humaniora. Wadah berbagi pengetahuan, best practices, serta inspirasi bagi para ...