ABSTRAKPendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam pembentukan karakterseseorang. Proses pembelajaran yang efektif di tingkat PAUD, harus didukung oleh penggunaanmedia pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Pada masa tersebut, anak-anak mampumemahami dunianya melalui benda-benda konkret. Guru diharapkan mampu mengembangkankreativitasnya dalam menyusun dan menggunakan media pembelajaran atau Alat peraga edukatif(APE) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Namun berdasarkan hasil observasi danpenyebaran kuisioner di PAUD Widya Chandra Denpasar, diketahui bahwa guru-guru mengalamikesulitan dan membutuhkan pelatihan dalam membuat APE. Pelaksanaan pendampinganpembuatan APE dilakukan melalui workshop secara online dan offline. Worksop online dilakukandalam pemberian materi dan teori mengenai APE melalui media zoom cloud meeting, mengingatpelaksanaan pendampingan ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan padapelaksanaan pendampingan secara offline guru-guru langsung didampingi dalam pembuatan APE,dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Indikator keberhasilan program pendampingan iniyanni dapat dilihat dari antusias guru selama mengikuti program serta adanya peningkatankemampuan dalam menyusun dan menggunakan APE pada proses pembelajaran anak usia dini.Kata kunci: Anak usia dini, APE, PAUD Widya Chandra
Copyrights © 2020