Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing diharapkan dapat melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, untuk mengetahui aktivitas siswa, untuk mengetahui respon siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitan ini adalah kelas X1 IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang. Sampel di ambil secara sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 3,68, aktivitas siswa digolongkan dalam kategori baik dengan persentase 82%, keterampilan proses sains siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 83%, respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikateogrikan baik dengan persentase 82%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022