Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga

Trifonia Dervia Jaya (Universitas Katolik Widya Mandira)
Maria Benedikta Tukan (Universitas Katolik Widya Mandira)
Faderina Komisia (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing diharapkan dapat melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, untuk mengetahui aktivitas siswa, untuk mengetahui respon siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitan ini adalah kelas X1 IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang. Sampel di ambil secara sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 3,68, aktivitas siswa digolongkan dalam kategori baik dengan persentase 82%, keterampilan proses sains siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 83%, respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikateogrikan baik dengan persentase 82%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...