Hasil belajar yang masih rendah menuntut guru menggunakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing pada materi Larutan Penyangga (Buffer) kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 peserta didik SMA Negeri Tasifeto Barat dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pembelajaran dan inkuiri terbimbing dengan nilai thitung > ttabel (4,972 < 2,00) di mana nilai peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model berbasis masalah memiliki nilai lebih tinggi yaitu 90 daripada nilai peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu 88.
Copyrights © 2022