Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 2 : Al Qalam (Maret 2023)

Analisis Kualitas Pelayanan (Servqual) dalam Meningkatkan Minat Beli Ulang Pelanggan Kafe “Selasa_Communa”, Kota Medan

Raditiya Eka Nugraha (Faculty of Economics and Business, Universitas Sumatera Utara)
Sukaria Sinulingga (Faculty of Economics and Business, Universitas Sumatera Utara)
Meilita Tryana Sembiring (Faculty of Economics and Business, Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Berkembang pesatnya kafe kopi di Kota Medan seiring dengan semakin meningkatnya minat kaum muda untuk konsumsi kopi mendorong berdirinya kafe “selasa_communa”. Namun, grafik penjualan sepanjang 2 tahun terakhir mengalami penurunan. Hal ini mendorong untuk dilakukan penelitian mengenai analisis Kualitas Pelayanan (ServQual) dalam meningkatkan Minat Beli Ulang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Analisis Regresi Berganda untuk menjawab hipotesis penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan dengan total sampel penelitian sebanyak 125 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial Reliabilitas, Daya Tanggap, Empati dan Jaminan masing-masing variabel berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan semua variabel secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...