Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 9 No. 1 (2023): Kinerja Organisasi, Perilaku Konsumen, dan Transformasi Layanan di Era Digital

ANALISIS DESAIN PRODUK, PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DINDA HAYU YOGYAKARTA)

Fadhilah, Muinah (Unknown)
Maharani, Bernadetta Diansepti (Unknown)
Raditya, Adit (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi opini konsumen pada variabel bebas yaitu desain produk, promosi media sosial dan word of mouth yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Batik Dinda Hayu. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 112 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,650 dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 5% dan nilai koefisien regresi sebesar 0,317; (2) promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,123 dengan tingkat signifikansi 0,002 kurang dari 5% dan koefisien regresi sebesar 0,244; (3) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...