Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Implementation of Role-Playing Method to Improve Eleventh Grade Students’ Speaking

Dewi Apriyani (University PGRI Palembang)
Artanti Puspita Sari (University PGRI Palembang)
Masagus Firdaus (University PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data tentang kemampuan berbicara siswa dilakukan dengan cara pengamatan pembelajaran siswa dengan menggunakan metode role playing. Pada Siklus 1 skor total adalah 1622 dengan rata-rata 67,58%. Siklus 2, skor total adalah 1875 dengan rata-rata 78,12%. Siklus 3 skor total adalah 2022 dengan rata-rata 84,25%. Dari prestasi berbicara siswa pada siklus 3 telah berhasil meneliti target yang sesuai dengan harapan guru. Artinya 85% nilai siswa diatas nilai kelulusan. Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan metode role play oleh guru dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...