Pemahaman konsep untuk pembelajaran IPA sangatlah penting karena pembelajaran IPA tidak akan lepas dari proses berfikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modelpembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan pendekatan kualitatif.Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan terkait buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional sesuai fokus penelitian.Teknik analisis data berupa teknik analisis isi. Keabsahan data diuji dengan meningkatkan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Poe dapatmeningkatan pemahaman konsep IPA dengan cara menyelidikinya sehingga dengan itu konsep yang sudah ada tidak akan mudah hilang dari ingatannya maka pemahaman terhadap konsep akan lebih bermakna. Seperti pada langkah pembelajaran POE siswa akan diminta memberikan dugaan (predict) dan membuktikan dugaannya dengan percobaan (observation) lalumenjelaskan (explain).
Copyrights © 2022