EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Upaya Meningkatkan Keterampilan Shooting Bola Basket dengan Metode Kombinasi Permainan Target pada Siswa SMA

Burhanuddin Burhanuddin (SMAN 3 Sumbawa Besar)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Penjaskes materi bola basket khususnya teknik shooting yang belum optimal dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, aktifitas dan sikap siswa di kelas X MIA 4 SMAN 3 Sumbawa Besar tahun ajaran 2019/2020. Untuk merespons hal itu maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan upaya peningkatan keterampilan shooting bola basket melalui metode kombinasi permainan target, yang bertujuan meningkatkan pencapaian hasil belajar dalam aspek psikomotorik. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi serta teknik analisis menggunakan rumus persentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterampilan shooting bola basket meningkat melalui metode kombinasi permainan target yang dibuktikan dengan  keberhasilan keterampilan shooting klasikal pada siklus I sebesar 74,19% meningkat pada siklus II sebesar 87,10% yang sudah memenuhi indikator penelitian yaitu 85% dengan rata-rata peningkatan keterampilan shooting sebesar 12,91%. Dari segi aktivitas siswa diperoleh rata-rata aktifitas pada siklus I sebesar 56,99% dengan kriteria cukup mengalami peningkatan di siklus II sebesar 82,68% dengan kriteria baik (aktif). Maka dapat disimpulkan salahsatu upaya peningkatan keterampilan Shooting bola basket di kelas X MIA 4 SMAN 3 Sumbawa Besar  menggunakan metode kombinasi permainan target.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...