Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended

Cica Masitha (Universitas Negeri Medan)
Nurhasanah Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah karena terbiasa mengerjakan soal matematika yang bersifat tertutup sehingga siswa jarang mengeluarkan gagasannya dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan sebanyak 17 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I persentase ketuntasan hanya 47,05% (8 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23% (15 siswa). Sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (?85%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model open ended pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...