Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kondisi ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) Observasi, (b) Angket, dan (c) Studi dokumen. Teknik Analisi Data yang digunakan yaitu Korelasi Product Moment, Uji T, Mean, Media Modus, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment (rxy) pengaruh Kondisi ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Gu didapat 0,66 atau 66% secara tidak langsung, dapat disimpulkan bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi tingkat kondisi ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gu. Nilai koefisien korelasi determinasinya (r2) sebesar 43,56 yang dipersenkan 44% dan selebihnya masih dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya uji-t (thitung) didapat 9,699. Dan dilanjutkan nilai mean didapat sebesar 54,75, nilai median didapat sebesar 62,5 nilai modus didapatkan sebesar 45. Dan hasil uji validitas 0,987 di atas, maka dapat disimpulkan ada pengaruh tingkat kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Gu dan hasil uji reliabilitasnya didapatkan pada dua variabel tersebut adalah 0,115. Hal ini menunjukan tingkat reliabilitasnya dalam kategori rendah. Dari hasil nilai r (koefisien korelasi) yang tekah dihitung dapat diketahui tidaknya korelasi dan besarnya Ho tidak ada pengaruh secara signifikan dengan tingkat kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Gu. rxy yaitu 0,66 yang berkisar antara 0,600 – 0,799 berarti korelasi negatif antara variabel X walaupun dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2022