Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 10, Nomor 3, September 2022

PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GU KABUPATEN BUTON TENGAH

Amaluddin Amaluddin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Firman Burhan (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kondisi ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) Observasi, (b) Angket, dan (c) Studi dokumen. Teknik Analisi Data yang digunakan yaitu Korelasi Product Moment, Uji T, Mean, Media Modus, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment (rxy) pengaruh Kondisi ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Gu didapat 0,66 atau 66% secara tidak langsung, dapat disimpulkan bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi tingkat kondisi ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gu. Nilai koefisien korelasi determinasinya (r2) sebesar 43,56 yang dipersenkan 44% dan selebihnya masih dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya uji-t (thitung) didapat 9,699. Dan dilanjutkan nilai mean didapat sebesar 54,75, nilai median didapat sebesar 62,5 nilai modus didapatkan sebesar 45. Dan hasil uji validitas 0,987 di atas, maka dapat disimpulkan ada pengaruh tingkat kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Gu dan hasil uji reliabilitasnya didapatkan pada dua variabel tersebut adalah 0,115. Hal ini menunjukan tingkat reliabilitasnya dalam kategori rendah. Dari hasil nilai r (koefisien korelasi) yang tekah dihitung dapat diketahui tidaknya korelasi dan besarnya Ho tidak ada pengaruh secara signifikan dengan tingkat kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Gu. rxy yaitu 0,66 yang berkisar antara 0,600 – 0,799 berarti korelasi negatif antara variabel X walaupun dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...