Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada Guru dan belum tersedianya modul yang efektif di sekolah. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan E-modul pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D).Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh pada bulan Desember 2022-Februari 2023. Subjek penelitianadalah 1 orang Guru mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dan Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Payakumbuh dengan populasi sebanyak 55 orang dan sampel untuk penelitian yaitu pada kelas XI DPIB 1 ada 25 orang dan pada kelas XI DPIB 2 ada 22 orang.Hasil pengolahan data menyebutkan bahwa E-modul dikategorikan Valid dengan nilai kevalidan secara keseluruhan adalah 89,42%. Praktikalitas E-modul Pembelajaran dari guru adalah 83,06% dikategorikan sangat praktis dan siswa sebesar 86,55% dikategorikan sangat praktis. Pengujian efektivitas didapatkan hasil bahwa tingkat keefektifan belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung pada kelas eksperimen yaitu kelas XI DPIB 1 yang menggunakan E-modul termasuk kategori “Tinggi”.
Copyrights © 2023