JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 9, No 1 (2023)

Pembuatan E-Modul Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh

Okti Marwiko (Universitas Negeri Padang)
Ari Syaiful Rahman Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada Guru dan belum tersedianya modul yang efektif di sekolah. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan E-modul pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D).Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh pada bulan Desember 2022-Februari 2023. Subjek penelitianadalah 1 orang Guru mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dan Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Payakumbuh dengan populasi sebanyak 55 orang dan sampel untuk penelitian yaitu pada kelas XI DPIB  1 ada 25 orang dan pada kelas XI DPIB 2 ada 22 orang.Hasil pengolahan data menyebutkan bahwa E-modul dikategorikan Valid dengan nilai kevalidan secara keseluruhan adalah 89,42%. Praktikalitas E-modul Pembelajaran dari guru adalah 83,06% dikategorikan sangat praktis dan siswa sebesar 86,55% dikategorikan sangat praktis. Pengujian efektivitas didapatkan hasil bahwa tingkat keefektifan belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung pada kelas eksperimen yaitu kelas XI DPIB 1 yang menggunakan E-modul termasuk kategori “Tinggi”. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...