Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap corporal punishment sebagai alat untuk mendisiplinkan siswa di sekolah Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 161 guru di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diberikan kepada respoden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap corporal punishment menunjukkan bahwa persepsi guru sangat setuju sebesar 2.5%, persepsi setuju sebesar 46%, cukup setuju sebesar 41% dan tidak setuju sebesar 10.5%. Secara keseluruhan perhitungan rata-rata dari total 161 guru diperoleh skor total 1323 dengan perolehan rata-rata skor 8,2, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap corporal punishment sebagai alat untuk mendisiplinkan siswa di sekolah Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan termasuk dalam kategori “cukup setuju”. Kata Kunci: persepsi guru, corporal punishment, disiplin. Abstract This research aims to describe how the teachers perception about corporal punishment as a tool to discipline students in the school Paciran Subdistrict Lamongan District. This research uses quantitative approach with descriptive method. It used 161 samples of teachers in Paciran Subdistrict Lamongan District. The analysis of data use the formula percentage. Based on data analysis, the results showed that teachers perception about corporal punishment showed that teachers strongly agreed at 2,5%, agreed perception by 46%, quite agree by 41%, and 10,5% disagreement. Overall the average of 161 teachers obtained a total score of 1323 with an average score of 8,2, it can be consored that teachers perception of corporal punishment as a tool to discipline students in the school of Paciran Subdistrict Lamongan District included in the category “ quite agree’’. Keywords: teacher perception, corporal punishment, discipline.
Copyrights © 2018