Sekolah yang berbasis islam seyogyanya mempunyai lingkungan yang bersih karena pada ajaran agama islam memiliki konsep tentang kebersihan yaitu kebersihan sebagian daripada iman. Namun, pada sekolah MAN Lamongan masih memiliki lingkungan yang kotor. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan konsep kebersihan sebagian daripada iman pada siswa – siswi dan mengetahui persepsi siswa tentang konsep kebersihan sebagian daripada iman di MAN Lamongan. Teori yang digunakan adalah Teori Belajar Sosial dari Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Eksplorasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur dengan jumlah narasumber 8 orang, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat upaya guru dalam menanamkan konsep kebersihan sebagian daripada iman yaitu dibagi menjadi 2 yakni penanaman di dalam kelas dan di luar kelas. Persepsi siswa hanya dipersepsi dalam bentuk bersih jasmani dan bersih rohani tidak dipahami sampai pada kebersihan lingkungan. Sehingga perilaku ketika berada di dalam sekolah siswa MAN Lamongan kerab membuang sampah sembarang dan ketika di luar sekolah perilaku siswa MAN Lamongan masih seenaknya membuang sampah di tepi jalan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019