Jurnal Dimensi
Vol 12, No 1 (2023): JURNAL DIMENSI (MARET 2023)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN RESPON BELAJAR SISWA

Israela Huwae (Unknown)
Yuliana T.B Tacoh (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dan respon siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa – siswi kelas 7 dan 8 di SMP Kristen 1 Salatiga. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dan respon siswa. Dengan diketahui hasil dari signifikan kolerasi, uji analisis kolerasi menggunakan SPSS dan didapat nilai analisis kolerasi sebesar 0,362 yang berarti terdapat hubungan antara persepsi siswa dengan google classroom dan respon siswa. Selanjutnya pada hasil signifikan kolerasi hasil yang didapat 0,248 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel (X) hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom dan juga variabel (Y) respon siswa. oleh sebab itu hasil pada penelitian ini dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2023