UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 11 No. 3 (2022)

ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI KELAS XI MIPA SMAN 2 TAMBANG

Badiah, Nurul (Unknown)
Erviyenni, Erviyenni (Unknown)
Herdini, Herdini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kimia melalui pembelajaran blended learning di kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Penelitian ini adalah penelitian survei menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sehingga disebut penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data pada penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara sebagai data kualitatif untuk menggambarkan bagaimana proses pembelajaran blended learning. Alat pengumpul data yang lain adalah dokumentasi nilai ulangan harian kesetimbangan kimia sebagai data kuantitatif untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kimia.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu data diolah secara deskriptif sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan proses pembelajaran kesetimbangan kimia di kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Langkah selanjutnya analisis kuantitatif hasil ulangan harian peserta didik untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik baik secara individual, klasikal, maupun ketuntasan indikator. Berdasarkan Hasil penelitian, persentase ketuntasan individual peserta didik yang tuntas sebesar 31,85 % dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 61,15 %. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik kelas XI SMAN 2 Tambang sebesar 31,85 %. Persentase indikator dengan ketuntasan tertinggi sebesar 100 % , sedangkan indikator dengan ketuntasan terendah sebesar  30,37 %. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...