LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 1 No 2 (2022): Maret

Penerapan Metode Weighted Product Model dan Weighted Sum Model dalam Penentuan Produk yang akan Dipasarkan

Ade Rizka (Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Perkembangan dunia IT (Information Technology) saat ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Aspek kehidupan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen memiliki pengaruh yang cukup besar. Produsen sering kali sulit menentukan produk yang akan dipasarkan karena tidak mengetahui secara spesifik keinginan dan kebutuhan konsumen terutama produk aksesoris handphone. Pada penelitian ini, dalam menentukan produk yang akan dipasarkan digunakan metode Weighted Product Model dan Weighted Sum Model untuk menghitung nilai alternatif berdasarkan kriteria dan kategori produk. Metode tersebut akan membantu produsen untuk memperoleh data produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen berdasarkan kriteria produk yang ditetapkan. Kriteria produk yang digunakan dalam menentukan produk aksesoris handphone yang akan dipasarkan yaitu, merk, tipe, kecepatan, kapasitas dan harga. Masing-masing kriteria akan mempengaruhi nilai dalam penentuan berdasarkan bobot kriteria. Hasil akhir sistem berupa data nilai alternatif setiap kategori produk aksesoris handphone yaitu, headset, power bank dan memory card. Nilai alternatif setiap kategori produk diharapkan dapat membantu produsen dalam menentukan produk yang akan dipasarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lofian

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertaraf nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP) dengan e-ISSN: 2798-9593 dan p-ISSN: ...