SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan)
Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN

PENERAPAN E LEARNING BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Amalia K Khotimah (SDN Kalipancur 02 Serang)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran dengan E-learning merupakan bentuk dari pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yaitu internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dalam menggunakan fungsi dari teknologi dan informasi untuk interaksi antara peserta didik dengan guru, dalam memberikan pengayaan materi dan pengembangan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan E-learning berbasis blog dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan karakter mandiri pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan objek penelitian dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol (SDN Kalipancur 02) dan kelas eksperimen (SDN Kalipancur 01). Sampel berjumlah 63 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar dan karakter mandiri siswa secara signifikan. Diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 84% berada pada kategori sangat baik. Selain itu penerapan pembelajaran menggunakan E-learning Berbasis Blog pada pelajaran tematik menjadikan skor kemandirian siswa lebih tinggi pada indikator hasrat bersaing untuk maju dan dapat bekerja sendiri dengan skor lebih dari 80% yang berada pada kategori sangat tinggi. Rata-rata uji N-Gain sebesar 0.49 yang berada dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen menggunakan E-Learning Berbasis Blog lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan google classroom.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sehran

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Semua kajian yang ada pada pembelajaran IPS, Sejarah dan PKN. Misalnya bahan ajar, metode, pendekatan, strategi atau media pembelajaran pada proses pembelajaran ...