SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan)
Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD

Alif Via Sufianti (STKIP PGRI Metro)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran PKn peserta didik kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik dengan menerapkan model problem based learning. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di salah satu sekolah dasar yang ada di kecamatan metro utara yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sehran

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Semua kajian yang ada pada pembelajaran IPS, Sejarah dan PKN. Misalnya bahan ajar, metode, pendekatan, strategi atau media pembelajaran pada proses pembelajaran ...