JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri

Pendit Gustanu (Universitas Muria Kudus)
Sri Surachmi W (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Gunawan Setiadi (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pemanfaatan, dan evaluasi aplikasi Quiz-quizizz sebagai media pembelajaran IPAS di kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yang dilihat dari dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan mengambil 9 kali sampel dalam penelitian ini, yaitu : guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media aplikasi quiz-quizizz sangat cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya tiga sudut penelitian. Dari sudut perencanaan bahwa media quiz-quizizz adalah media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka karena media ini memiliki fitur game, berbasis teknologi. Sedangkan dari sudut pemanfaatan media aplikasi quiz-quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dibuktikan bahwa siswa lebih antusias dan tertarik dalam belajar. Dari sudut evaluasi media aplikasi quiz-quizizz memeliki kelebihan diantaranya media ini mempunyai fitur game, berbasis online, dan sangat cocok diterapkan dalam unsur pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration (4C).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...