Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Pengembangan LKPD Digital Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII

Salamah Sulistya Ningrum (Universitas Negeri Medan)
Budi Halomoan Siregar (Universitas Negeri Medan)
Marajohan Panjaitan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) adalah salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi sekarang ini begitu cepat di era generasi millenial. Padahal, guru belum optimal memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memperoleh kualitas LKPD digital interaktif yang valid, praktis dan efektif, serta (2) untuk memperoleh hasil belajar keterampilan pemecahan masalah murid setelah mengaplikasikan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 dan objek penelitian yaitu LKPD digital interaktif dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan sudah mencukupi kriteria kevalidan pada pakar materi sebesar 3,62 dan pakar media sebesar 3,68 dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan sudah mencukupi kriteria kepraktisan pada kategori rentang 76%-100%, (3) Produk yang dikembangkan efektif berdasarkan (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93,75%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 89,32 yang artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) respon siswa positif, dan (d) keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengaplikasikan LKPD digital interaktif mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 48,44 menjadi 89,32 pada rata-rata nilai posttest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,82 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...