Transaksi mystery box banyak dilakukan di e-commerce dimana sistem penjualan barang ini tidal menyebutkan kriteria barang tersebut sehingga pembeli tidak akan mengetahui apa yang akan didapat. Pada sisi lain dalam Islam segala transaksi sangat diperhatikan sehingga harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, tidak terlepas pula nilai etika bisnis islam dalam suatu bisnis dan merupakan satu kesatuan utuh yang perlu diperhatikan pada kompetitifnya persaingan bisnis saat ini untuk mendapatkan maslahah kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme jual beli mystery box dalam tinjauan etika bisnis Islam di e-commerce shopee. Metode penelitian yang dipakai yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan penjual mystery box belum melakukan bisnis yang sesuai etika bisnis Islam karena prinsip fundamental tauhid telah dilanggar. Penerapan etika bisnis Islam harus mengacu pada beberapa indikator yakni tauhid, kebenaran, tanggungjawab, kejujuran, dan juga kehendak bebas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022