Masa pandemi covid-19, membuat masyarakat merubah cara hidup dengan kebiasaan baru, pembatasan sosial, membuat orang memanfaatkan media sosial secara daring dalam mendapatkan berbagai informasi serta melakukan aktivitas bisnis dan pembelajaran. Tingkat literasi investasi di masyarakat 23% dan terkait pasar modal literasi investasinya adalah 0.11%. Mahasiswa merupakan calon investor muda yang dapat berperan aktif dalam dunia investasi, harus memiliki literasi investasi. Sesuai teori Sosial Kognitif, literasi dilakukan melalui faktor knowledge dan faktor lingkungan, melalui penggunaan media sosial, khusunya kolaborasi dengan influencer di media sosial. Untuk itu diteliti bagaimana pengaruh Knowledge dan Influencer baik secara parsial maupun simultan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Metode penelitian menggunaka metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa DKI Jakarta, dan sampel berjumlah 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Sedangkan penggunaan influencer tidak berpengaruh terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Knowledge dan Influencer secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Kesimpulannya, selama masa pandemi covid-19, ada peningkatan knowledge literasi investasi pada mahasiswa. Influencer di media sosial tidak berpengaruh. Knowledge dan influencer berkontribusi yaitu 13,6%, sisanya oleh variabel lain.Â
Copyrights © 2023