Journal of Tropical Chemistry Research and Education
Vol. 5 No. 1 (2023)

Pengembangan Modul Kimia berbasis Model Core Materi Larutan Penyangga untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Ayu Wahdini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa modul kimia berbasis CORE pada materi larutan penyangga serta mengetahui kelayakan produk berdasarkan hasil penilaian pendidik kimia SMA/MA dan respon dari peserta didik kelas XII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Penilaian produk juga dilakukan oleh empat pendidik kimia SMA/MA serta direspon oleh 20 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon peserta didik. Produk yang telah dikembangkan merupakan modul dalam bentuk softfile. Modul berisi materi larutan penyangga yang disusun berdasarkan karakteristik model CORE memuat materi larutan penyangga, contoh soal, latihan soal, soal analisis, dan kegiatan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta didik. Hasil validasi oleh dosen ahli menyatakan bahawa modul layak digunakan dengan persentase keidealan berdasarkan ahli materi 91,67% dan persentase keidealan 96,67% berdasarkan ahli media. Hasil penilaian kualitas produk berdasarkan pendidik kimia memperoleh persentase keidealan sebesar 88.61 % dengan kategori Sangat Baik. Hasil respon peserta didik terhadap modul sangat positif dengan persentase keidealan sebesar 98.23%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtcre

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, ...