Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui soal esai yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru dengan jumlah 257 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian di proses untuk dianalisis. Hasil analisis membuktikan bahwa pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori rendah. Artinya perlu perhatian khusus dari guru agar pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik. Pada indikator Translation hanya sebesar 46,8%, sedangan pada indikator Interpretation hanya sebesar 34,3%, dan serta pada indikator Extrapolation hanya sebesar 18,9% Hasil penelitian berim bahwa pemahamanplikasi konsep siswa di MAN 1 Pekanbaru masih rendah dibuktikan dengan nilai rerata pemahaman konsep yang diperoleh oleh siswa hanya sebesar 43,00 sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep siswa berhubung pembelajaran ekonomi sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan materi pembelajaran saling berkaitan.
Copyrights © 2022