Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet)
Vol 2 (2022): Implementing Education and Economic Standard Throughout ASEAN Nations

Pengaruh Pemahaman Investasi, Kebijakan Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal, Dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Berinvestasi Di Pasar Modal

Sana Salsabila (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rina Trisnawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman investasi, kebijakan modal minimal, pelatihan pasar modal, dan motivasi terhadap minat generasi Z berinvestasi di pasar modal. Objek penelitian ini adalah generasi Z rentang usia 11-26 tahun. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah generasi Z yang sudah atau belum pernah berinvestasi di pasar modal, sudah atau belum pernah mengikuti seminar investasi dan pelatihan pasar modal. Pada penelitian ini harus mengambil data dari sampel sekurang-kurangnya sejumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa pemahaman investasi dan pelatihan pasar modal tidak berpengaruh terhadap minat generasi Z berinvestasi di pasar modal. Sedangkan, kebijakan modal minimal dan motivasi berpengaruh positif terhadap minat generasi Z berinvestasi di pasar modal..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

duconomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Education and Economics Science Meet (Duconomics Sci-meet) is a national scientific meeting in the fields of education and economics held under the auspices of the Center for the Study of Economics (Puskanomi), Indraprasta University PGRI, Jakarta. This event includes seminars, call for papers, ...