Penelitian Tindakan Kelas tentang Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Base Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Ilmiah dan  Hasil Belajar  Siswa  SMPN 1 Kota Ternate. Desain yang digunakan dalam penelitian ini, mengacu pada model Kemmis dan Taggart (dalam Depdiknas, 1999) yang terdiri  atas 4 tahap, meliputi: perencanaan (plan), pelaksanaan  tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Hasil penelitian menunjukkan: 1)   Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas ilmiah siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem sebesar 0,5%.; 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas ilmiah, hasil belajar
Copyrights © 2013