Jurnal Bioedukasi
Vol 1, No 2 (2013)

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KOTA TERNATE

., Sundari ( Dosen Prodi Biologi FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2015

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas tentang Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Base Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Ilmiah dan  Hasil Belajar  Siswa  SMPN 1 Kota Ternate. Desain yang digunakan dalam penelitian ini, mengacu pada model Kemmis dan Taggart (dalam Depdiknas, 1999) yang  terdiri  atas  4  tahap,  meliputi:  perencanaan  (plan), pelaksanaan  tindakan  (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Hasil penelitian menunjukkan: 1)    Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas ilmiah siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem sebesar 0,5%.; 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas ilmiah, hasil belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bioedukasi diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Jurnal ini memuat hasil penelitian ataupun kajian yang berkaitan dengan masalah dalam Pendidikan Biologi dan Biologi Sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan ...